Tuesday, January 31, 2017

Membuat DIY Liquid Vapor (update)

Halo gaes, lama tidak jumpa. Kali ini saya ingin kembali sharing tentang pembuatan DIY liquid untuk vaporizer, kenapa saya share lagi? Karena saya melihat banyak sekali teman-teman yang ingin mencoba menjadi brewer, entah untuk konsumsi sendiri maupun dikomersilkan. Dan juga perbaikan dalam tulisan saya sebelumnya, karena itu terlalu "mengambang" untuk saat ini, kurang mendetail juga.
Oke, langsung saja. Kali ini kita akan coba batch 100ml agar lebih mudah dalam penghitungan nya.

Peralatan:
1. Gelas Beaker (ukuran 100ml ke atas)

2. Gelas Ukur (minimal ukuran 100ml)

3. Corong stainless (tidak wajib)
4. Mixer / Pengaduk (Manual / elektrik, bebas)
5. Botol Steril (untuk menyimpan liquid, bahan kaca lebih bagus)
6. Sarung tangan latex steril (atau pakai saja alkohol swap/hand sanitizer)

Bahan:
1. Propylene Glycol (Pharma grade)
2. Vegetable Glycerine (Pharma grade)
3. Flavor / Essence (Sebisa mungkin gunakan yang candy grade, misal TFA, Capella, Flavor Art, dll)
4. Sweetener (Saya sarankan menggunakan sucralose, atau sweetener merk TFA / Capella)
5. Nikotin (Bisa gunakan merk Nicvape, RTS, Alpha, Wizard lab, dll. Yang penting vendor nya jelas)
6. Chiller / Cooling agent (jika ingin memberi efek dingin)

Prolog:
Kali ini kita akan gunakan % (persen) agar lebih mudah diterapkan berapapun liquid yang ingin kita buat.
Contoh:
VG 70%, berapa ml (mililiter) kah itu dalam batch 100ml ? Cara menghitungnya adalah:
(70 / 100) x 100ml = 70ml
Jadi 70% dari 100ml adalah 70ml

*)Tips: dalam batch 100ml, setiap 1% nya adalah 1ml. Jadi mudah kan mengitungnya? oke kita lanjut..

Pertama, tentukan rasa apa yang ingin kita buat. Dalam sharing kali ini saya akan coba membuat rasa Strawberry Cream. Lalu kita tentukan rasa apa yang akan kita tonjolkan, kali ini saya ingin strawberry dominan, lalu ada kesan cream seperti es krim pada body dan bottom note french vanilla (mirip vanilla wafer ta*go). Langung masuk ke resep:

1. Capella Sweet Strawberry : 3% (ini strawberry manis, candy like)
2. TFA Strawberry Ripe : 3% (karakternya seperti buah strawberry asli yang sudah matang)
*) kenapa harus 2 jenis strawberry? Sweet Strawberry saya gunakan agar rasanya lebih "blend" dengan basic cream nya nanti, karena jika Strawberry Ripe saja nanti kesannya cuma buah strawberry yang ditaruh diatas cream, kurang menyatu. Lanjut

3. Capella Vanilla Bean Ice Cream : 2%
4. Capella Sweet Cream : 3%
5. TFA Marsmallow: 2% (kok ada marsmallow juga? karena menurut saya ini dapat memberi kesan sweetness pada body, untuk mendukung sweet cream diatas)
*) Untuk body saya rasa itu sudah cukup umtuk memberi kesan cream, meskipun masih sangat sederhana dan masih bisa dimodifikasi agar lebih "bold" lagi. Lanjut

6. TFA French Vanilla : 2%
7. Capella Whipped Cream : 1%
*) Ini hanya sebagai bottom note, untuk support body agar after taste vanilla lebih "dapat".

8. Capella Super Sweet (Sweetener) : 1% (saya tidak suka terlalu manis, bila suka manis bisa dimainkan antara 1-3% saja, selebihnya malah bisa "over" dan membuat coil cepat berkerak)
9. Nikotin : 3% (saya inginkan nic 3mg/ml, dan merk favorit saya adalah NicVape karena karakter TH (Throat Hit) nya mantap )

Kedua tentukan perbandingan PG : VG, kalau saya paling nyaman di PG 30 : VG 70, setelah itu kurangi PG dengan total (%) dari flavor + sweetener + nikotin. Dalam kasus ini:

PG - (Flavor + Sweetener + Nikotin) = 30 - (16+1+3) = 30 - 20 = 10
Artinya PG yang perlu kita tambahkan adalah 10%, karena Flavor, dll itu adalah PG base sehingga kita anggap 20% dari PG sudah terpenuhi oleh komponen itu.

Mixing:
1. Sterilkan semua peralatan termasuk tangan kita
2. Konversikan hitungan dalam (%) tadi menjadi ml (mililiter), karena kita membuat 100ml, berarti 1% nya adalah 1ml
3. Masukkan 10ml PG ke dalam gelas ukur
4. Masukkan flavor pertama, kali ini adalah Sweet Strawberry 3ml, berarti tinggal kita tambahkan hingga skala di gelas ukur kita menunjukkan angka 13 (10ml PG + 3ml Sweet Strawberry)
5. Lakukan langkah ke 4 pada flavor dan komponen lain kecuali VG
6. Goyang gelas ukur dengan gerakan memutar hingga terlihat semua telah tercampur rata
7. Masukkan VG sebanyak 70ml, kali ini akan tepat menyentuh angka 100ml, karena komponen sebelumnya sudah berjumlah 30ml
8. Tuang campuran tadi ke dalam gelas beaker, agar kita lebih mudah mengaduknya
9. Aduk sampai rata, jika menggunakan mixer elektrik lebih baik diberi dimmer agar putarannya tidak terlalu kencang dan menimbulkan buih. Kalau manual, yang penting jangan sampai berbuih. Proses mixing ini bervariasi antara 15-30 menit
10. Jika larutan sudah terlihat homogen (tercampur sempurna), masukkan ke dalam botol penyimpanan dan tutup rapat
11. Steeping, simpan botol tadi dalam suhu ruang dan jangan terkena sinar matahari (makin gelap makin baik). Waktu steeping ini juga bervariasi, antara 1-30 hari. Pokoknya cicip liquid anda setiap hari agar tahu di hari ke-berapakah liquid anda nantinya siap dikonsumsi, jadi ketika membuat lagi, anda sudah tahu waktu yang pasti untuk steeping liquid buatan anda.

Yah demikian yang bisa saya share kali ini, semoga bermanfaat ya gaesss.. keep brewing!!! Jangan takut gagal, karena sesuatu yang baik tidak tercipta secara instan. *cheers*

8 comments:

  1. Di posting terdahulu menggunakan air panas. Apakah hasilnya tetap sama?! Dan brp lama proses pengadukan di bwh 50 ml? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo gan, memang di postingan dulu saya pakai air panas, tapi setelah saya sharing2 ternyata terjadi penurunan rasa setelah beberapa hari, jadi saya sarankan jika direndam air panas (slow cook) hanya untuk konsumsi langsung bukan untuk disimpan dalam waktu lama apalagi dijual.

      Untuk pengadukan 10 menit saja cukup, asalkan jangan sampai berbuih

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. gan..ada ngak pengaruh dan lama pengadukan dgn mixer tangan
      [pake baterei), mixer elektrik atau magnetic stirrer?
      Kl hasilnya ada rasa pahit dimn kesalahannya? kurangnya bahan atau kelebihan dlm takaran atau ada pengaruh lain? tq

      Delete
  2. bang klo bahan yg aku pakai
    PG.
    VG.
    ESSEN FLAVOUR
    NICOTIN.
    SORBITOL.
    itu gimana bang bisa apa ada yg kurang. tanpa rasa mint. mohon pencerahanya.

    ReplyDelete