Wednesday, March 11, 2015

Tips Dalam Membuat DIY Liquid


Halo gaeess. vaporizero kali ini akan membahas Cara membuat liquid (DIY Liquid).
Saya ingin berbagi sedikit tips tentang membuat liquid sendiri. Sebenarnya cukup mudah karena hanya mirip dengan membuat minuman sendiri. Saya juga sering menerima beberapa pertanyaan, nah kali ini saya akan menulis saja dalam format tanya jawab. Check this out!



Q: mas, bahan apa aja sih untuk bikin liquid itu? apakah susah dapetnya?
A: bahan utamanya ada 3 yaitu Propylene Glycol (selanjutnya kita sebut PG), Vegetable Glycerin (selanjutnya kita sebut VG), dan essen. INGAT, SEMUA HARUS FOODGRADE UNTUK MANUSIA.
Ada juga bahan tambahan opsional, yaitu nikotin cair. tapi ini opsional sifatnya.

Q: hah? maksudnya foodgrade buat manusia gimana?
A: maksudnya, ya yang layak dikonsumsi manusia. karena ada juga essen untuk campuran umpan ikan, memang disana tertulis foodgrade, tapi kan level foodgrade ikan sama manusia beda.

Q: oh gitu, alat yang untuk bikin apa aja?
A: yang jelas botol kaca untuk mencampur, pipet/suntikan untuk masing-masing bahan, usahakan pipet/suntikannya memiliki skala agar kita tahu berapa banyak bahan yang akan kita campur. Sediakan juga air panas, atau pemanas nasi.

Q: langkahnya mas?
A:
  1. misal kita membuat 10ml dengan perbandingan PG:VG = 50:50, maka siapkan 5ml PG dan 5ml VG dulu.
  2. tentukan jumlah essen yang akan kita gunakan, misal 2ml, berarti volume PG kita kurangi 2ml.
  3. masukkan 3ml PG dan 2ml essen, lalu kocok dalam botol tertutup kurang lebih 5 menit.
  4. setelah itu buka tutup botol nya dan biarkan selama 1 jam, jangan terlalu lama karena aroma essen bisa hilang. proses ini kita sebut breathing.
  5. sekarang masukkan 5ml VG, dan kocok agak lama hingga gelembungnya banyak.
  6. setelah dikocok cukup lama (sekitar 15 menit), masukkan ke dalam air panas (ingat, pastikan botol liquid kita sudah tertutup rapat). diamkan hingga airnya dingin. buka tutupnya sekitar 5 menit, kocok lagi, dan masukkan lagi ke dalam air yang masih panas. ulangi langkah ini 2-3 kali.
  7. sekarang kita masuk ke tahap finishingnya, kocok hingga keluar gelembung lagi, lalu taruh liquid kita tadi di tempat gelap (misal lemari, kotak, atau kantong yang tidak tembus cahaya).
  8. diamkan selama 1 minggu untuk hasil sempurna, oya jangan lupa setiap hari buka botolnya selama 5 menit, tutup dan kocok lagi, lalu kembali taruh di tempat gelap. begitu terus selama 1 minggu.
Q: wah, oke deh mas.

oyaa, sobat vaporizero cek UPDATE ini ya, karena ada update untuk artikel ini dengan info yang lebih lengkapz semoga membantu..

79 comments:

  1. Gan, knp harus tempat gelap? Mgkn klu sinar matahari iyah, tapi klu sinar lampu? Thx berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas pertanyaannya, saya jawab atas pengalaman pribadi ya gan.
      Untuk sinar lampu sih masih bisa di toleransi, tapi untuk cahaya matahari langsung sebaiknya jangan. Pertama, sinar matahari itu kan panas, nanti takutnya justru si essens malah nguap dan akhirnya liquid kita jadi kurang nikmat. satu lagi, saya pernah coba taruh di tempat yang kena cahaya matahari langsung, hasilnya warna liquid berubah, ada yang jadi pudar, ada yang jadi lebih gelap. saya kurang tau apa penyebabnya, tapi yang jelas rasanya berubah, kaya jadi kurang kuat gitu rasanya.
      saran dari beberapa brewer liquid lokal pun, saat steeping lebih baik di simpan di tempat gelap, karena hasilnya akan lebih maksimal (lebih cepat juga).
      menurut pengalaman saya sih gitu, mungkin ada yang salah atau ada yang kurang berkenan mohon maaf. hehe sama2 baru belajar juga kok. makasih gan Puss Nakal

      Delete
  2. gan, apa memungkinkan jika komposisi PG lebih banyak di banding VG ny? Coz katanya itu tergantung dari essen yang digunakan, bahkan ada yg komposisinya 80:20 PG:VG. Apa itu memungkinkan? tengkyu berat agan andre :) srry byk tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa balas. Sangat mungkin gan. Saya cuma ambil contoh aja yg banyak dipakai yaitu 50:50. Tapi itu tidak mengikat, kalau ingin uap nya tebal, perbanyak VG, kalah ingin rasa yg lebih kuat tambahkan essen + PG nya. Btw terimakasih sudah bertanya. Sama2 belajar gan hehe

      Delete
    2. halo bang. kalo bahan yg saya pakai PG.VG .ESSEN. SORBITOL. NICOTIN . itu sudah cukup apa ada yg kurang bang.. mohon pencerahanya..

      Delete
  3. Mau tanya gan, bahan untuk pemanis dan nikotin gimana cara menggabungkan nya dan susunan mana yg terlebih dahulu di masukan kecampuran ? Dan apa nama pemanis tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahan pemanis yg sering digunakan biasa nya sorbitol. Itu untuk memperkuat rasa manis, tapi pakai 1-2% saja, saran saya sih. Soalnya pernah saya pakai kebanyakan malah jadi pahit. Atau bisa diakali juga dengan Ethyl Maltol, tapi itu hanya memberi aroma/sensasi manis saja, bukan rasa manis sebenarnya. Bisa dipakai dari 1%-5%.
      Untuk penggabungan nya, biasa saya lakukan setelah semua bahan awal tercampur rata, baru saya masukkan nikotin dan pemanis..

      Delete
  4. anggap aja 80:20 itu 8 ml pg dan 2 ml vg. bisa dikurangi kadar pg nya jadi 6 ml. 2 ml nya essens. atau jika terlalu sedikit essennya 1 ml saja

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Di Bratachem ada kok gan. 90rb per liter kalau tidak berubah.
      Atau coba disini thinkyourjuice.com
      Ada kebutuhan DIY liquid lainnya juga

      Delete
  6. Gan mau tanya nih
    Apa bisa kita pakai langsung setelah kita campurkan semuanya?
    atau mesti kita diamkan selama 1 minggu
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih pertanyaan nya gan Miza Aulia. Bisa saja langsung dipakai, tapi kalau saya pribadi sih kurang suka karena kadang rasanya masih sedikit hambar di mulut. Kalo agan merasa itu sudah enak, ya gak apa apa langsung dipakai, boleh saja.

      Delete
  7. klo campura
    Menthol,
    Ethyl Maltol,
    Sweetener,
    Chiller,
    Sour Modifier. Bagusnya di campur pada saat step ke brapa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo gan Melky Onibala. Kalau saya biasa campurkan setelah breathing PG, persis sebelum VG masuk, bahan2 tambahan diatas saya masukkan terlebih dahulu. Tapi khusus cooling agent (menthol, koolada, chiller, dll) biasanya saya bagi 2 dosis nya. Misal resep kita butuh 1ml, saya masukkan dulu 0,5ml sebelum vg, sisanya masuk setelah semua tercampur rata. Alasan nya, pernah saya masukkan semua sebelum VG tapi efek dingin nya hanya muncul tipis, baru setelah sekian hari efek dingin nya muncul sesuai target kita. Lalu pernah saya taruh terakhir saja, efek dingin nya langsung terasa, tapi sepertinya malah menguap duluan, jadi makin hari malah turun level dingin nya. So, solusi saya ya sepertinya yg saya sebut diatas.

      Delete
    2. Numpang tanya gan.. Untuk koolada takaran nya brpa ml ya untuk 30ml liquid.? Terima kasih

      Delete
    3. Kalau saya biasa pake 0,5ml koolada untuk 30ml liquid

      Delete
  8. Gan mau tanya kalo cari tfa nya dimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok sekarang yang jual essence TFA. Kalau langganan saya di thinkyourjuice.com

      Delete
  9. PG SAMA VG itu apaan gan, tolong pencerahan nya gan, pengen nyoba bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri kurang mengerti secara detailnya, kalo PG (propylene glycol) biasa dipakai untuk pelarut, contohnya ya pelarut untuk essence makanan. Sedangkan VG (vegetable glycerine) biasanya digunakan sebagai pemanis. Maaf belum bisa kasih jawaban yang bagus gan, coba googling aja biar lebih jelas.

      Delete
  10. Gan saya mw nanyak, kenapa saya setiap buat liquid kapas cepat hangus, padahal baru 3 kali sedot saja, 4ml PG 5ml VG 1ml essen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan pakai essence merk apa? Berdasarkan pengalaman saya sih masalahnya ada di essence. Saya pernah pakai berbagai essence lokal (beli di toko bakery) ada yang bentuk pasta, ada yang oil base,ada yang water base, dan PG base. Menurut saya yang layak untuk membuat liquid adalah yang water dan PG base, karena bisa menyatu dengan bahan lain. Pernah saya pakai yang pasta dan oil base, hasilnya terasa cepat gosong padahal kapas masih basah, lalu muncul kerak di koil hanya beberapa kali hisap. Coba ganti essence dengan yang water base, atau yang paling recomended adalah PG base.

      Delete
  11. gan tanya : jadi gini aku buat PG40+VG60 jadi awal PG+Ess kocok Terus campur VG yg jadi pertanyaan saya pada saat pencobaan apakah jika sudah kecampur PG+Ess+VG kita masih bisa tambahkan Ess jika kurang rasa atau sudah tidak boleh??? atau boleh ditambah Sorbitol sedikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja kok gan, tidak ada aturan yang mengekang. Hanya saja, butuh proses steeping lagi supaya campuran nya rata.

      Delete
  12. gan mau nanya nih, kalau misalkan membuatnya dalam skala besar atau banyak boleh diaduk menggunakan mixer atau blender ngga? terus untuk steping boleh disimpen di kulkas apa ngga yah? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya biasa pakai mixer tangan kok gan, tidak masalah. Tapi saran saya, pakai wadah stainless atau toples kaca supaya liquid tidak terkontaminasi bau dari wadah nya. Kalau untuk blender, saya punya pengalaman buruk, berhubung blender saya murahan, liquid malah jadi bau aneh mirip plastik leleh gitu. Hehehe. Tapi kalo punya agan tidak menimbulkan bau yang sekiranya bisa mengkontaminasi liquid, tidak masalah.

      Delete
  13. Agaaan mau nanya..
    Saya punya PG, VG, ESSENCE TFA BANANA, ICE MENTHOL, SWEETENER, ETHYL MALTOL untuk buat liquid 30 ml.. kasih saran gan buat prosentase takaran untuk masing masing bahan nya .. makasih gann

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekedar saran:
      PG : VG = 40:60
      TFA banana: 8%
      Ice menthol: 1%
      Ethyl Maltol: 3%
      Sweetener : 5 drop / 30ml

      Maaf saya tidak terbiasa pakai hitungan mililiter, jadi saya kasih hitungan dalam persen, biar lebih fleksibel, tidak terikat dengan volume liquid yang akan dibuat.

      Delete
  14. Gan mau nanya, kenapa ya liquid saya pas di exhale dari idung kaya berasa apek gitu. Tapi kalo inhale/exhale dari mulut fine fine aja hehe. Mohon solusi dan pencerahan nya gan. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apek bisa jadi dari VG nya, di beberapa forum indo banyak yang mengeluh juga soal itu. Jadi kadang ada yang dapet bagus, ada yang dapet apek padahal sama-sama beli di bratachem. Kurang tau sih penyebab bisa dapet beda-beda gitu, mungkin karena penyimpanan di gudang nya sana atau gimana entah, hehe.

      Delete
    2. Oke deh thanks gan hehehe.
      Saya campur ke liquid yang udah ada, mendingan lah apeknya ketutup heheheh

      Delete
  15. Gan..mau tny saya cb buat e juice sndiri pakai essence KH Robert..dgn ratio PG/VG 30/70..essence saya pakai 20% om..tp kok rasany aneh bgt ya..hambar bgt rasany pas .exhale..ampe mau muntah klo chain vaping(bru buat lgsg d drip tanpa steeping)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di steeping dulu gan, soalnya udah banyak itu komposisi essence nya. Kalo 3 hari belum muncul juga, coba buat pake essence merk lain, atau rasa lain.

      Delete
  16. Wah hebat jadi nambah ilm bermanfaat banget bang vincen , bang tolong dong ksih resep yng enak buat bkin liquid gtu ... share bang share ... please maksii

    ReplyDelete
  17. Makasih gan, hehe. Cuma sekedar sharing kok, sama-sama belajar.
    Oke saya bagi resep yang sering saya pake daily.
    Strawberry by Flavor Art 3%
    Blackberry by TFA 1%
    Caramel Candy by TFA 2%
    Ethyl Maltol 10 drop /30ml
    Koolada 10 PG by TFA 10drop /30ml
    PG : VG
    30 : 70

    Rasanya mirip permen strawberry, ada taste blackberry dikit. Sensasi manis nya dapet, dingin seger nya juga ada. Semoga pada doyan, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mau tny ni, hitungan persennya tuh persen dr mana y?? (Msh agak krng paham)

      Delete
  18. Hla cara mendapatkan bahan2 nya dapet darimana gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya biasa beli online disini
      thinkyourjuice.com
      Atau cek aja tokopedia nya think your juice

      Delete
  19. Mau nanya gan, essence tfa sama kh robert kalo dibandingin nilai skala 0 sampe 100, pointnya brp gan? Saran agan gmn buat pemilihan essence tsb

    ReplyDelete
  20. Kalau saya kasih gula gimana soal nya sulit mendapatkan sorbitol dan pemanis liquid lainya.

    ReplyDelete
  21. Habis Jalan2 ke toko roti liat essense..kalau essense komposisix terdiri dari PG AIR sama perasa recomen gak??soalnya dana minim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja kok gan, yang penting bukan dalam bentuk pasta / oil base. Ada kandungan air nya tidak apa2, yang saya belo di toko roti juga profil nya seperti itu.

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hitungan persen itu dari total liquid yg mau dibuat gan. Misal tertulis 10%, sedangkan agan mau buat liquid 30ml, berarti 10% x 30ml = 3ml. Kurang lebih begitu hitungan nya.
      Sebenarnya kalau untuk penguat rasa ada macam2 gan, misal acetyl pyrazine (utk rasa roti, kacang, karamel), ethyl maltol (aroma manis permen kapas), Flavor West Toner (menguatkan rasa buah2an), TFA Smooth (membuat rasa creamy dan buah lebih "nge-blend") dan masih banyak jenis nya.

      Delete
  23. Numpang nanya gan

    Rencana saya pengen bkin liquid yg tasanya melon cream gtu / mirip permen milkita..
    Jd saya mau coba beli Capella / tfa honeydew + tfa / Capella sweet cream + niatnya mau ditambahin TFA vanilla swirl ice cream juga
    Kira" takana yg enak buat bkin liquid yg rasa melon nya kaya permen milkita / kaya ice cream melon gtu essencennya brp ml ya ?

    And ada pertanyaan lagi . Hehehe..
    Msalkan saya mau bkin liquid 10ml
    Pg:vg 30:70
    Essen 20%

    Misalkan saya masukan essen capella melon skitar 0.7 ml + capella sweet cream 0.5 ml + tfa vanilla swirl ice cream 0.8 ml ( Misalkan ) jd total 2ml ya gan..

    Jd saya cman nyampur pg 1ml + essen 2ml gtu itungannya ato gmana gan ?
    Trus saya tambahin lagi VG 7 ml kan ya , Apa benar gtu itungannya gan ?

    ( alasan saya bkin pg:vg 30:70 karna saya kira TFA / capella katanya dah dicampur sama PG , jd tinggal VG nya dibanyakin . Apa betul bgitu gan ? )

    Ouh iya saya nyampurin essennya lebih bnyak TFA dibandingin Capella . Karna katanya capella rasanya lebih kuat . Klo capella sama tfA takarannya sama ntar rasa TFA nya jd ketutupan sama capella . Mkannya tfa lbih bnyak dibanding capella , apa benar gan ?
    Mohon dikoreksi ya gan..

    Maaf bnyak nanya bner . Soalnya saya baru mau Diy liquid skrg . Jd masih buta ilmu

    Makasih bnyak buat agan Vincentius andrean , treadnya bner" ngbantu bngt buat org yg kaya saya yg baru mau mulai diy liquid..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha mantap pertanyaan nya gan. Untuk soal takaran, agan udah betul kok. Untuk essen US biasanya saya mulai dari 10%(total gabungan macam2 rasa) volume liquid. Baru kalau kurang mantap, bikin batch baru dengan konsentrasi lebih tinggi misal 20%.
      Untuk essence capella dan tfa memang base nya adalah PG, jadi hitungan nya masuk ke dalam hitungan PG, seperti yg agan tulis di atas .
      Mengenai essence, capella memang lebih kuat karena itu adalah konsentrat jadi wajar jika penggunaan nya lebih sedikit dibanding tfa. Pengalaman saya sih tfa perfect banget untuk buat macem2 layer/hint pada liquid, sedangkan capella untuk core/inti nya. Jadi misal untuk rasa donat stroberi, saya ambil glazed donut capella, ripe strawberry tfa, sweet cream tfa, dan graham cracker tfa. Kira2 begitu, semoga membantu dan selamat bereksperimen. Kalau berhasil share disini ya gan, biar saya dan temen2 lain bisa ikutan belajar. Hehe makasih

      Delete
  24. gan saya mau muali bikin diy liquid dan saya udah beli bahan

    1100ml pg
    1100ml vg
    em 15ml
    essenc 15ml
    strawberry
    milk
    whitecoffe
    caramel
    capucino
    sortbitol

    kalau bikin yang enak gimana yaaa caranyaaa


    bedannya tfa dan essenc itu apaa


    thx agann

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalau untuk kasih komposisi agak susah gan, soalnya saya kan gatau itu pakai essen merk apa dan gatau bagaimana karakternya. Tapi coba saya bantu dikit.
      PG:VG pakai 40:60 saja
      EM 4 tetes untuk 10ml liquid
      Essen coba 2ml (total gabungan dari rasa yg ingin dipakai, misal stroberi 0,5ml, milk 1ml, caramel 0,5ml)

      TFA "The Flavor Apprentice" itu salah 1 merk essence gan, jadi sama saja dengan essence, sama2 bisa untuk campuran makanan juga kok, aman.

      Delete
  25. gaan..mau tanya dong sy newbie nehh..pngen punya liquid sendiri..dari pd beli mahall...prtnyaannya
    1.apa cukup dngan pg-vg-essen
    2.bisa kan yaa tanpa nikotin dan tanpa pemanis..
    3.apa perlu tmbah penguat rasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sudah cukup gan, itu 3 komponen utama untuk membuat liquid. Tapi terkadang rasanya kurang manis (subyektif ya ini) jadi tetap jaga2 beli sweetener (sorbitol/sucralose)

      Delete
  26. Saya juga coba buat hanya dengan PG + VG + Essence Strawberry dan setelah saya mixing hasilnya lumayan hanya saja rasa manis cuman terasa di bibir dan cendrung sedikit pahit. Apa kekuranggan nya Sweetener (Pemanis) ?

    Hanya PG VG Essence bisa hanya ya hasilnya begitu gan, penjelasan berikutnya tolong TS bersedia reply

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman saya sih mirip kaya agan, bisa dicoba komposisi VG nya di tambah. Tapi ya manis nya cuma dikit, kalo masih kurang mantap mendingan tambah sweetener aja, saya biasa pake sorbitol, tapi ada juga yg pake sucralose (saya blm pernah coba sih)

      Delete
  27. Koq liquid yg saya buat bisa mempuat coil dan kapas cepet gosong?? Mohon pencerahan bos

    ReplyDelete
  28. Om itu berarti creamy ya.?
    liquid yg gw buat kok kapasnya malah cepet gosong mohon pencerahannya om..

    ReplyDelete
  29. Gan saya mau membuat liquid 30ml, berapa takaran yg pas untuk masing2 bahan gan biar mantap dan rasanya juga saat di vaping terasa buahnya. Bahan liquid apa saja yg harus dikasi komposisinya biar mantap, karena bnyak sekali bahannya saya liat selain 3 bahan utama liquid. Mohon dibantu petunjuk pembuatannya..

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Saya sudah mencoba gan dengan takaran vg 60:20pg

    Essen sya ambil 20%(3 mcam rasa dn +sweetner) mmbuat yg 10 ml krna buat permulaan ajaaja
    Hasilny.. Aroma kuat.. Sya pakai (strawberry,fresh milk,vanila ream) lebih banyak di strawberri yg lainya sma takaran

    Ya gtu deh aroma kuat tapi rasa hambar.
    Steeping cmn smlm.. (Sudah steeping kocok+pemanas)

    Solusi buat nambal kekuranganya gmna yh gan :)

    ReplyDelete
  33. Mantab mas vincent .. saya hanya pemula yg ingin menyimak ..!! Dan pingin buat liquid yg enak pastinya ..!!

    ReplyDelete
  34. Gan.. Bagi resep yang creamy donk

    ReplyDelete
  35. Minta resep racikikan liquid yg ciamik dong om,lokal rasa US om 😁 semoga om mau memyalurkan ilmunya .
    Plus recomended essence merk apa yang harus di pake . Mohon pencerahan nya suhu ✌😇

    ReplyDelete
  36. Suhu maaf mau curhat ni,
    Saya sudah bikin dengan komposisi standart vg/pg+ esen tapi kok kebulnya berat alias g banyak,jg di kapas cepet berubah,mohon petunjuk

    ReplyDelete
  37. Bantu dong.. Aq mo coba bikin liquid nih.. Bahan yg ada vg,pg, essence banana, pemanis.. Mo bikin 30 ml dulu.. Brpa nih persentase bahan bahannya..?

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Mo tanya, nikotin cair klo d brubah warna jadi coklat apa masih aman buat dipakai diy ? Thanks

    ReplyDelete